Salah
satu aktivitas dalam pembelajaran online adalah komunikasi. Komunikasi
dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komunikasi terjadi antara
fasilitator dengan peserta diklat, antar peserta, peserta dengan penyelenggara.
Komunikasi tersebut dilakukan secara synchronous maupun asynchronous.
Komunikasi terjadi secara synchronous apabila pihak-pihak yang berkomunikasi
melakukan komunikasi pada waktu yang sama dengan lokasi yang sama atau berbeda.
1.
Forum Diskusi
Forum diskusi merupakan fitur komunikasi yang utama dalam pembelajaran online. Melalui forum diskusi akan terjadi komunikasi interaktif antara fasilitator dengan peserta, antar fasilitator, antar peserta untuk tukar pengetahuan dan pengalaman atau sebagai sarana unjuk kerja peserta. Forum diskusi dapat digunakankan sebagai kanal komunikasi synchronous maupun asynchronous. Ada 4 tipe forum diskusi dalam Moodle, yaitu:
v forum
tunggal sederhana, yang mana fasilitator hanya membuat satu topik untuk dapat
didiskusikan oleh setiap peserta.
v forum
standar, yang mana setiap peserta dapat berpartisipasi baik membuat topik
diskusi baru maupun menanggapi topik diskusi yang telah dibuat sebelumnya,
baik yang dibuat peserta itu sendiri maupun topik diskusi yang
dibuat oleh peserta yang lain.
v forum
refleksi, yang mana setiap peserta hanya diberi satu kesempatan untuk membuat
topik baru yang menjadi bahan diskusi, namun tidak ada batasan untuk menanggapi
topik tersebut.
v forum
tanya-jawab, yang mana fasilitator akan membuat suatu pertanyaan yang harus
dijawab oleh setiap peserta tetapi tidak dapat melihat jawaban peserta yang lain.
Untuk
berpartisipasi dalam forum diskusi hendaknya peserta memperhatikan tipe forum
yang hendak diikuti, sehingga peserta dapat menyesuaikan aktivitasnya. Forum
diskusi mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:
1. Tanya jawab
Fitur tanya jawab
merupakan fitur utama dari forum diskusi. Forum mempunyai bagian-bagian yang
berfungsi untuk menuliskan judul maupun isi pertanyaan.
2. Melampirkan file
Pengguna juga
dapat melampirkan file dengan ukuran dan
jumlah file yang dilampirkan mengikuti pengaturan oleh administrator sistem.
3. Melampirkan gambar/foto/ animasi/narasi
Selain file,
pengguna juga dapat melampirkan
gambar/foto/animasi/narasi ke dalam forum diskusi melalui menu insert
image.
4. Mengunggah video
Di dalam forum diskusi
juga dapat dilampirkan video, baik dengan cara melampirkan dalam bentuk file atau
ditempel dengan mengambil alamat URL file video tersebut.
5. Equation
Forum diskusi Moodle
juga memfasilitasi penggunanya yang akan menyampaikan ide
gagasannya dalam bentuk
kalimat-kalimat matematika. Untuk
menuliskan equation di dalam forum Moodle dapat dilakukan dengan tool dragmath
atau menyisipkan kode latex ke dalam forum diskusi.
Dalam pembelajaran online, pemanfaatan forum diskusi antara lain untuk:
v berkomunikasi
menyampaikan ide, gagasan, pengalaman,
v bertanya
topik baru sebuah materi atau hal-hal yang mendukung pembelajaran
v memberi respon/jawaban terhadap topik atau pendapat orang lain.
v saluran untuk
mengumpulkan tugas peserta,
v sebagai
sarana unjuk kerja peserta dan penilaian oleh fasilitator.
2.
Blog
Blog merupakan salah satu fitur
komunikasi Moodle, di mana melalui
blog pengguna sistem berbasis
Moodle dapat menyampaikan
ide, gagasan, pengalamannya untuk
diketahui dan direspon orang lain. Setiap orang yang mempunyai hak akses di
dalam sistem berbasis Moodle dapat memanfaatkan fitur blog tersebut.
Konsep blog
Moodle tidak berbeda
dengan blog secara
umum, di mana pengguna blog dapat menuliskan pengalamannya
ke dalam blog tersebut dan orang lain membaca dan atau memberikan respon. Blog
Moodle juga dapat terhubung dengan penyedia layanan blog di luar Moodle seperti
Wordpress, blogspot, dan lain- lain sehingga apabila seseorang sudah mempunyai
blog di luar Moodle dapat menghubungkan blog tersebut dengan blog Moodle
sehingga isi blog di luar Moodle dapat otomatis masuk ke dalam blog Moodle.
Dalam
proses pembelajaran diklat blog dapat dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai
sarana untuk mengekspresikan pengalaman pembelajaran yang telah dialaminya.
Blog merupakan jurnal belajar yang tidak terstruktur untuk menyampaikan ide,
pengalaman, refleksi pembelajaran penggunanya. Setiap hari peserta diklat dapat
menuliskan pengalaman belajarnya, baik yang menyenangkan atau yang tidak
menyenangkan sehingga fasilitator mengetahui minat peserta terhadap materi yang
disampaikan. Melalui blog juga peserta diklat dapat menyampaikan permasalahan,
masukan, respon atau umpan balik terhadap materi yang baru saja dipelajari.
Blog juga dapat berfungsi sebagai forum diskusi di mana seseorang menyampaikan
topik atau idenya dan orang lain dapat merespon topik tersebut.
3.
Messege
Moodle
juga mempunyai kanal komunikasi dalam bentuk message atau pesan. Message di
Moodle dapat dimanfaatkan untuk komunikasi synchronous maupun asynchronous.
Message Moodle dapat dalam bentuk percakapan antar individu atau pesan pemberitahuan
tentang tugas, forum
atau aktivitas lainnya.
Informasi di dalam message
ditujukan pada individu tertentu, tidak dalam bentuk siaran/broadcast.
4.
Chat
Chat
merupakan aktivitas di Moodle yang dapat digunakan untuk komunikasi
synchronous. Pengguna dapat melakukan percakapan secara real time dengan
pengguna lain yang berada di dalam sistem. Dalam pembelajaran diklat, chat
dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:
1. percakapan secara langsung
antara peserta dan
fasilitator secara khusus, misalnya peserta
berkonsultasi ke fasilitator
atau fasilitator menyampaikan pesan-pesan khusus kepada
peserta.
2. percakapan langsung
secara intens antar
peserta untuk penyelesaian
tugas bersama.
Forum-forum yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran online seperti sekarang ini. Namun, etika dalam pembelajaran harus tetap diterapkan meskipun tidak terjadi pembelajaran tatap muka. Melalui forum diskusi, blog, messege, dan chat siswa harus mampu menempatkan dirinya untuk memilih kata-kata yang baik agar komunikasi antara siswa dan guru berjalan lancar. Etika yang harus diperhatikan siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:
v Sopan
santun dalam chatting adalah perilaku yang harus dimiliki siswa dengan
memperhatikan sikap dan bahasa yang digunakan. Ketika memulai chatting siswa
harus mengucapkan salam, menuliskan nama dan kelas, menyampaikan tujuan secara
singkat, padat da jelas, serta memperhatikan waktu ketika mengirim chat
tersebut.
v Membaca
informasi di dalam grub untuk memastikan apakah guru memberikan suatu perintah
dalam pembelajaran agar tidak terdapat informasi yang terlewatkan. Pada kegiatan
ini, ketua kelas dapat mengontol jawaban teman agar mereka tidak sembarangan
mengirim jawaban.
v Menghubungi
ketua kelas apabila merasa tertinggal dalam sebuah materi karena ketua kelas
merupakan seseorang yang diberi perintah oleh guru untuk mengurus kelas.
v Berkomentar
dengan baik agar informasi penting dalam pembelajaran tidak tertimbun.
v Mencari
waktu yang tepat jika ada keperluan penting mengenai pembelajaran yang
dilaksanakan.
Blog adalah
bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam
urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak
selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua
pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog
tersebut. Blog mempunyai manfaat yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan
harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sebagai media untuk
berbagi informasi, sebagai media untuk promosi, sebagai media yang menunjang
proses pembelajaran dan sebagai sarana untuk personal branding. Sebagian blog
dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh
beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan
para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat
memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan
yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya
(non-interaktif).
Sumber :
Bahan Ajar E-Learning
id.wikipedia.org. 2020. Blog. https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
( Diunduh 12 November 2020 )
Maulana, Evan. 2020. Apa Itu Blog? Pengertian, Manfaat, Jenis. https://projasaweb.com/apa-itu-blog/
( Diunduh 12 November 2020 )
Saya setuju dengan Postingan dari penulis, karena dari beberapa media komunikasi dalam kelas online di atas sangat membantu tentunya bagi para pendidik maupun peserta didik di masa pandemi seperti ini yang semuanya serba online tak terkecuali dengan kegiatan belajar mengajar.
BalasHapusbenar sekali kak, media komunikasi tersebut sangat penting digunakan dalam pembelajaran online seperti sekarang ini :)
HapusSaya setuju dengan informasi pada blog ini. Blog dapat digunakan untuk membaca materi secara berulang-ulang sesuai waktu yang diinginkan. Ini sangat bermanfaat sekali. Terimakasih
BalasHapusterimakasih kembali kak, melalui blog seseorang dapat membaca materi sesuai tujuannya kapanpun dan dimanapun
HapusSetuju, sebab blog mempunyai manfaat yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi, sebagai media berbagi informasi,media untuk promosi, sehingga sangat menunjang proses pembelajaran. Terimakasih atas ilmunya.
BalasHapussama-sama kak, benar sekali blog memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kita semua
HapusSaya setuju dengan informasi blog diatas. Dengan membaca blog tersebut, kita dapat mengetahui informasi mengenai komunikasi dalam kelas online. Hal tersebut dapat menjadikan acuan untuk kegiatan pembelajaran online. Terimakasih atas informasinya ya :)
BalasHapussama-sama kak, semoga informasinya bermanfaat dan berguna dalam kegiatan pembelajaran online
HapusSaya setuju dengan informasi blog tersebut, yang bermanfaat untuk proses pembelajaran daring saat ini
BalasHapusterimakasih atas komentarnya kak
HapusSaya setuju, blog mempunyai fitur fitur yang sangat memadai jika digunakan dalam suatu pembelajaran, sehingga blog dapat digunakan untuk komunikasi dalam kelas online.
BalasHapusterimakasih kak, semoga informasinya bermanfaat :)
HapusSaya setuju dengan penulis, dengan membaca blog tersebut kita dapat mengetahui informasi mengenai komunikasi dalam kelas online dengan benar
BalasHapusterimakasih atas komentarnya kak :)
HapusSaya setuju dengan postingan tersebut karena blog memang memiliki manfaat yang beragam serta dapat digunakan sebagai media dalam komunikasi online ditengah pandemi seperti ini
BalasHapusterimakasih atas komentarnya kak, benar sekali bahwa pada masa pandemi ini kita dituntut untuk selalu mencari informasi dalam pembelajaran salah satunya melalui blog
Hapushalo kakak
BalasHapussaya sangat setuju bahwa Blog mempunyai manfaat yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sebagai media untuk berbagi informasi, sebagai media untuk promosi, sebagai media yang menunjang proses pembelajaran dan sebagai sarana untuk personal branding.
semangat kakš„°