Kelas :IV
Tema : 5 (Pahlawanku)
Subtema : 1 (Perjuangan Para Pahlawan)
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami makna hubungan simbol dan sila-sila Pancasila
4.1 Menjelaskan makna hubungan simbol dengan
sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Sila ke empat pancasila berbunyi “
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
perwakilan”
A. Makna
sila ke empat pancasila ialah
Ø Mendahulukan
kepentingan dan tujuan bersama
Ø Cinta
musyawarah dan demokrasi
Ø Bijaksana dalam menyelesaikan masalah
B. Lambang
sila ke empat pancasila
Kepala Banteng digunakan untuk melambangkan sila ke empat pancasila karena hewan ini merupakan hewan yang senang bersosialisai dan berkumpul. Seperti halnya musyawarah, orang-orang akan berdiskusi dan berkumpul untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Hal ini juga sesuai untuk menggambarkan kita sebagai masyarakat Indonesia. Semakin rakyatnya berkumpul, bersatu, dan bermusyawarah maka Indonesia akan bisa mewujudkan cita-citanya. Oleh karena itu, kepala banteng merupakan simbol yang cocok untuk melambangkan sila ke empat pancasila.
C. Contoh
pengamalan sila keempat Pancasila
·
Contoh pengamalan sila keempat di
lingkungan keluarga
Ø Membagi
tugas dengan anggota keluarga dengan cara musyawarah.
Ø Melakukan
musyawarah jika tertimpa musibah atau masalah dalam lingkungan keluarga.
Ø Jika ingin
membangun rumah, sebaiknya
dimusyawarahkan dengan anggota keluarga, agar tidak
ada anggota yang merasa tidak nyaman.
Ø Sebelum
melakukan kegiatan keluarga (Pertunangan, Pernikahan, Khitanan, Berkunjung ke
tempat wisata dengan keluarga besar, dll) dilakukan secara musyawarah,
sekaligus untuk mempererat tali silaturrahmi antar anggota keluarga yang jauh.
·
Contoh pengamalan sila keempat di
lingkungan sekolah
Ø Memilih
Ketua Kelas, dan Perangkat Seolah lainnya
Ø Menghargai
setiap usulan atau masukan dari siswa dan siswi
Ø Memberikan
contoh sikap yang baik di Sekolah
Ø Mengikuti
kegiatan sekolah dan mensukseskannya
Ø Menghargai
setiap pemimpin di Sekolah
Ø Mengisi
majalah dinding dengan opini dan gagasan yang baik untuk kemajuan sekolah
Ø Tidak
membeda-bedakan teman dan ketika bermain dengan teman selalu dalam batas yang
wajar, untuk saling menjaga persaudaan.
·
Contoh pengamalan sila keempat
lingkungan masyarakat
Ø Menghadiri
dan mengikuti undangan acara RT/RW/Desa
Ø Mensukseskan
acara yang diadakan di lingkungan sekitar
Ø Mengikuti
kegiatan, seperti kerja bakti, dan kegiatan lain semampu kita
Ø Ikut
gotong royong dalam pembangunan sarana umum
Ø Perumusan
dan pengesahan rencana anggaran pendapatan dan belanja pembangunan RW/Desa.
Perhatikan video berikut ini!
D.
Latihan
Untuk
mengetahui sejauh mana pemahaman anak-anak mengenai materi yang telah
dijelaskan, Cobalah jawab pertanyaan berikut ini !
· Apakah budi sudah bijak dalam
menyelesaikan masalah ?
·
Apakah sikap budi mencerminkan sila ke
empat ?
·
Apakah lani sudah mendahulukan
kepentingan bersama ?
·
Apakah sikap lani mencerminkan sila ke
empat ?
· Apakah
dayu sudah menjunjung tinggi musyawarah ?
· Apakah
sikap dayu sudah mencerminkan sila ke empat ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar